Bantulah Kami dalam pelestarian budaya Sunda dan Rumah Adat

0

lomba_permainan_tradisional

Kampung Budaya Sindang Barang merupakan bekas kerajaan Sindangbarang di Bogor. menurut berita babad pajajaran sdh ada sejak jaman Kerajaan Pajajaran masih berdiri. Menurut Berita pantun bogor sdh ada sejak abad XIII hal ini dibuktikan dengan ditemukannya punden2 berundak sebanyak 33 punden dan bekas taman taman kerajaan serta sumber air jalatunda. setelah kerajaaan Pajajaran dan Sindanbarang hancur 32ntahun kemudian berubah menjadi kampung adat Sindangbarang sampai dengan tahun 1970, dimana kepala adat terakhir meninggal dunia. setelah itu upacara adat dan rumah rumah adatnya mulai hilang satu demi satu.

Tahun 2005 dengan dibantu budayawan Jawa Barat almarhum Anis Djatisunda , Eman Sulaeman, Kang Hendra dr komunitas Napak Tilas Budaya dan sesepu kampung yang masih hidup upacara adat Seren taun direvitalisasi. tahun 2007 rumah adat kami dibangun kembali dengan bantuan dana dari Pemprov Jabar dan Pemkab Kabupaten Bogor.Total saat ini ada 22 Rumah adat yg direvitalisasi. setelah rumah adat kami dibangun kembali mulailah kami merevitalisasi satu demi satu budaya bogor yang sudah hilang seperti

Budaya Parebut Seeng yaitu tradisi besanan khas Cimande bogor dengan atraksi silat khas cimande, Angklung gubrag yaitu angklung dengan nada da mi na ti la da yaitu untuk mengiringi upacara adat dan menanam padi gede, Upacara sedekah kue dan sedekah bumi yang merupakan bagian dari upacara Seren taun atau syukuran hasil panen padi Permainan tradisional anak anak yang mencapai 10 permainan

Untuk pelesatarian dan regenerasi seni dan budaya kami menyelenggarakan

Pelatihan tari jaipong dan tari tradisional secara gratis kepada anak anak dan sudah berjalan 12 tahun

Pelatihan silat secara gratis kepada anak anak

Pelatihan menjadi pemandu wisata

Lomba adu jaten parebut seeng yaitu tradisi besanan khas cimande kami lombakan setiap tahun secara gratis dan sudah berjalan 10 tahun

Lomba permainan tradisional anak anak setiap tahun secara gratis dan sdh berjalan 7 tahun

Mengadakan festival budaya 7 gunung tahun 2012 dan 2014 yaitu memperkenalkan seni budaya 7 gunung di jawa barat kepada umum dan pelajar serta mahasiswa secara gratis dimana kesenian dan budaya khas Sunda yang sdh hampir punah kita angkat dan tampilkan kembali.

Mengadakan upacara syukuran hasil panen padi dan hasil bumi setiap tahun dan sudah berlangsung 13 tahun

Adapun dana untuk melakukan pelestarian seni dan budaya tersebut kami dapatkan dari paket wisata budaya yang kita perkenalkan kepada umum. dana yang kami peroleh selain untuk pelestarian kami pakai untuk biaya perawatan bangunan rumah adat.

Saat ini 22 rumah adat kami sudah mulai bocor bocor dan konstruksinya sdh banyak yg miring yang tentunya membutuhkan dana tidak sedikit untuk merenovasinya. karena kalau bangunan bangunan adat kami sampai rubuh lalu darimana kami bisa mendapatkan dana untuk kegiatan pelestarian budaya.

Kami mengharapkan bantuan dan kemurahan hati saudara saudara semua untuk keberlangsungan kampung adat kami. harta pribadi saya sudah habis dijual selama ini untuk menutupi kekurangan biaya pemeliharaan. permohonan bantuan ke pemkab kabupaten bogor dan pemprov jabar selalu tidak jelas kelanjutannya.

Silahkan datang ke kampung kami untuk melihat apa yang telah kami lakukan dan bagaimana keadaan bangunan2 di kampung adat kami. untuk menuju ke kampung adat kami search di google maps atau waze kampung budaya sindangbarang atau bisa hub 082147876363. bilamana ada yang ingin menyumbang secara langsung bisa transfer ke rek bca 0953018915 an achmad mikami selaku kepala adat sindangbarang.

Share.

About Author

Leave A Reply