Home » Profil Umum

Profil Umum

  2020-13-02 03:09:05       Administrator    

Di Kampung budaya Sindang Barang terdapat bermacam-macam kesenian Sunda yang telah direvitalisasi dan dilestarikan oleh para penduduknya sejak dahulu. Disini juga terdapat pula situs-situs purbakala peninggalan kerajaan Pajajaran berupa Bukit-bukit berundak.Di Sindang Barang, setiap satu tahun sekali diselenggarkan upacara adat Seren Taun yaitu upacara ungkapan rasa syukur masyarakat terhadap Tuhan yang Maha Esa berkat hasil Panen dan hasil bumi yang diperoleh pada tahun ini dan berharap hasil panen akan lebih baik lagi pada tahun berikutnya

Untuk melestarikan kesenian tradisional, di kampung budaya Sindang Barang menyelenggarakan pelatihan tari dan gamelan untuk generasi muda secara gratis, anak-anak muda yang telah mahir di bidang kesenian masing-masing maka akan diikutsertakan dalam pementasan penyambutan tamu yang tentunya akan menambah penghasilan untuk mereka sendiri.

Di Kampung Budaya Sindang Barang, ada beberapa bangunan yang dijadikan tempat penginapan. Ada kurang lebih 6 rumah yang dijadikan penginapan dan disewakan ditambah 4 rumah lainnya yang dijadikan kantor dan 1 musholla. Selain bangunan rumah, ada juga bangunan unik lainnya yaitu 'leuit' (bahasa Sunda) dalam bahasa Indonesia yang diartikan sebagai lumbung padi.